Cari Jurnal untuk Tugas Kuliah dan Skripsi? Buka 10 Situs Jurnal Gratis Ini

“Cari Jurnal untuk Tugas Kuliah dan Skripsi? Buka 10 Situs Jurnal Gratis Ini”

       Mahasiswa pasti sudah tidak asing lagi dengan jurnal ilmiah. Jurnal ilmiah juga sering dikenal dengan sebutan jurnal akademik. Jurnal biasanya digunakan oleh mahasiswa dalam membuat karya ilmiah seperti makalah, kertas kerja, skripsi, tesis, maupun disertasi. Jurnal merupakan tulisan khusus yang memuat artikel suatu bidang ilmu tertentu. Sedangkan jurnal ilmiah merupakan publikasi ilmiah dari hasil-hasil penelitian/riset atau kajian yang dapat dipertanggung jawabkan secara Ilmiah. 

Jurnal ilmiah memiliki fungsi sebagai berikut:

Fungsi registration, yakni fungsi mempublikasikan kepemilikan ide dan membangun penulis untuk berpikir kreatif. Dengan menulis jurnal juga maka penulis mendaftarkan penemuannya dan kepemilikan hak atas temuan dan mendokumentasikan temuan tersebut  
Fungsi dissemination adalah fungsi akses, yakni jurnal memiliki fungsi sebagai penyampai informasi antara peneliti dengan pencari informasi mengenai topik yang dibahas dalam jurnal dan juga mendapat pengakuan dari audiens atau pembaca
Fungsi certification yakni fungsi untuk mendapatkan pengakuan atas penelitian (dan penelitiya) melalui penerbitan pada jurnal bereputasi dan bermutu, untuk membangun reputasi dan menentukan kualitas jurnal yang muncul berikutnya
Fungsi archival record adalah fungsi untuk membuat rekaman permanen atas hasil penelitiannya dan sebagai arsip ilmu pengetahuan
Jenis Jurnal Ilmiah sebagai berikut :

Professional or Trade Jurnal 
Trade Jurnal biasanya memenuhi klasifikasi sebagai berikut:
– Ditargetkan pada profesi atau industri tertentu
– Berisi berita terkini, pendapat atau saran praktis tentang produk baru
– Berisi ulasan yang menginformasikan tentang isu dalam industri atau sebuah profesi

Popular Jurnal
Popular Jurnal adalah jurnal yang berisi cerita, pendapat, tulisan feature, dan editorial yang memiliki tujuan untuk menghibur pembacanya. Karena bertujuan untuk menghibur, popular jurnal harus ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti. Popular Jurnal yang diterbitkan biasanya mengandung iklan, ilustrasi dan foto-foto yang bagus. Contoh jurnal populer adalah majalah Time, Vogue, People Magazine, dan lain sebagainya.

Scholarly Jurnal
Jurnal yang satu ini lebih dikenal sebagai jurnal ilmiah yang disusun berdasarkan prinsip akademik dan membahas satu bidang tertentu. Penerbitan jurnal ini harus teratur dengan memakai interval waktu tertentu dan bertujuan untuk menyebarkan ilmu pengetahuan.

       Salah satu fungsi jurnal ilmiah adalah untuk mendapatkan permasalahan yang bisa dijadikan sebagai dasar penulisan latar belakang masalah skripsi/tesis. Beberapa situs Jurnal yang dapat diakses secara gratis sebagai berikut : 

1. Perpusnas (e-resources.perpusnas.go.id)
Untuk memenuhi kebutuhan pemustaka, perpusnas melanggan berbagai bahan perpustakaan digital online (e-Resources) seperti jurnal, e-book, dan karya-karya referensi online lainnya. Untuk menggunakan layanan koleksi digital online Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) kita harus memiliki nomor anggota yang sah yang dapat dilakukan pendaftaran secara online melalui http://keanggotaan.perpusnas.go.id

2. Scholar Google/Google Cendekia (scholar.google.co.id)
Scholar Google adalah salah satu layanan google yang belum diketahui banyak orang. Layanan google  ini sangat berguna bagi pelajar atau mahasiswa yang sering mengerjakan makalah. Layanan ini memungkinkan kalian untuk mencari jurnal, menyimpan sumber ke ‘perpustakaan pribadi’ kalian dan mendapatkan kutipan dengan cepat. Google Cendekia bertujuan menyusun artikel seperti yang dilakukan peneliti, dengan memperhatikan kelengkapan teks setiap artikel, penulis, publikasi yang menampilkan artikel, dan frekuensi penggunaan kutipan artikel dalam literatur akademis lainnya.

3. Academia (academia.edu)
Academia merupakan jejaring sosial akademik yang membahas tentang penelitian atau hal-hal yang berhubungan dengan akademik. Academia juga dapat digunakan sebagai  tempat mempublikasikan ilmiah gratis, mencari referensi serta perkenalan peneliti luar negeri maupun dalam negeri dan juga dapat bertukar informasi hasil penelitian. Untuk mengakses academia pengguna dapan mengakses via Akun Google atau Facebook

4. Jurnal Online LIPI (isjd.pdii.lipi.go.id)
Situs ISJD berisi kumpulan jurnal ilmiah yang terbit di Indonesia dan diserahkan ke PDII-LIPI untuk diseminasikan. Jurnal yang saat ini dapat diakses yaitu 15,143 jurnal baik dari Perguruan Tinggi maupun Lembaga Penelitian dengan lebih dari 401,601 artikel. Situs ini sebagai ajang komunikasi ilmiah peneliti, akademisi, industri, dan masyarakat umum khususnya di Indonesia, maupun di tingkat internasional. Situs ini dapat menjadi ajang komunikasi bagi komuinitas ilmiah di Indonesia. Pengguna dapat mencari melalui judul artikel, subjek, pengarang, penerbit berdasarkan nama jurnal. Prototipe Decision Support System (DSS) Jurnal Ilmiah Indonesia yang terdapat dalam situs ini untuk mengetahui produktivitas Penulis, Penerbit, Lembaga dan Bidang Keilmuan yang berkomunikasi dalam jurnal ilmiah Indonesia. 

5. IOSR Jornals (iosrjournals.org)
IOSR ini kepanjangannya adalah International Organization of Scientific Research. IOSR merupakan asosiasi ilmuan, peneliti, profesor, manajer, insinyur, yang bergelut di bidang farmasi, teknik, manajemen, ilmu terapan dan matematika. Jurnal IOSR adalah Jurnal Internasional. Anda dapat memeriksa papan editorial dan makalah yang diterbitkan. Jurnal IOSR diterima secara global. Jurnal IOSR adalah Jurnal yang diindeks secara luas. Makalah yang diterbitkan Jurnal IOSR diindeks di dunia atas pengindeksan seperti iklan NASA, Cross Ref, ArXiv, Google Cendekia, Direktori Cabell, Host EBSCO, Index Copernicus, ANED (American National Engineering Database), Ulrich Web dan banyak lagi. 

6. FreeFullPDF (freefullpdf.com)
Situs ini menyediakan jurnal berbahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Situs  ini menyediakan jurnal, e-book, skripsi dan tesis yang dapat di download dalam bentuk pdf. Di situs ini tercakup semua mata pelajaran ilmiah dan semua konten tersedia secara bebas dalam format PDF.

7. GARUDA Garba (garuda.ristekbrin.go.id)
Garuda (Garba Rujukan Digital) adalah portal penemuan referensi ilmiah Indonesia yang merupakan titik akses terhadap karya ilmiah yang dihasilkan oleh akademisi dan peneliti Indonesia. Garuda yang mencakup antara lain e-journal domestik, tugas akhir mahasiswa, dan laporan penelitian dikembangkan oleh Direktorat P2M-Dikti Kemdiknas RI. Garuda juga telah mengakusisi Indeks Publikasi Indonesia (IPI) pada tanggal 4 Juli 2018 lalu.

8. Ijea (ijeajournal.kemdikbud.go.id
Jurnal Penilaian Pendidikan Indonesia (IJEA) adalah jurnal nasional yang menyediakan sumber informasi ilmiah bagi para peneliti, praktisi, guru, dosen di dunia akademis. Ijea menerbitkan makalah penelitian asli, artikel review dan studi kasus yang berfokus pada penilaian pendidikan, evaluasi pendidikan, kebijakan penilaian, pembelajaran pendidikan, ICT dalam penilaian, serta topik terkait. Semua makalah ditinjau terlebih dahulu oleh setidaknya dua peninjau. IJEA diterbitkan dan dicetak oleh Pusat Pengkajian dan Pembelajaran – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

9. CiteSeerx (citeseer.ist.psu.edu)
CiteSeerx adalah perpustakaan digital literatur ilmiah yang terus berkembang dan mesin pencari yang berfokus terutama pada literatur di bidang komputer dan ilmu informasi. CiteSeerx bertujuan untuk meningkatkan penyebaran literatur ilmiah dan untuk menyediakan peningkatan fungsionalitas, kegunaan, ketersediaan, biaya, kelengkapan, efisiensi, dan ketepatan waktu dalam akses pengetahuan ilmiah dan ilmiah. Alih-alih hanya menciptakan perpustakaan digital lainnya, CiteSeerx berupaya menyediakan sumber daya seperti algoritme, data, metadata, layanan, teknik, dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mempromosikan perpustakaan digital lainnya. CiteSeerx telah mengembangkan metode dan algoritma baru untuk mengindeks artikel penelitian PostScript dan PDF di Web.

10. DOAJ  (doaj.org)
DOAJ (Directory of Open Access Journals) diluncurkan pada 2003 yang menyediakan jurnal dengan akses terbuka yang mencakup semua bidang ilmu pengetahuan, teknologi, kedokteran, ilmu sosial dan sastra. Untuk membantu perpustakaan dan pengindeks memperbarui daftar mereka, DOAJ mempublikasikan daftar jurnal yang telah diterima. DOAJ menerbitkan informasi untuk penerbit di situs ini untuk membantu penerbit mematuhi prinsip penerbitan dan untuk membantu mereka dalam menyelesaikan aplikasi. DOAJ juga menerbitkan daftar FAQ yang relevan untuk semua anggota komunitas penerbitan, terutama perpustakaan dan penulis. Semua informasi di situs ini tersedia untuk anggota dan bukan anggota. DOAJ berkomitmen untuk 100% mandiri dan mempertahankan semua layanan dan metadata-nya dengan gratis untuk digunakan untuk semua orang.

Sosial media kami :
Line : @bsk6272o
Instagram : @hmps.statistika.unm
Facebook : Hmps Statistika Fmipa UNM
Youtube : HMPS Statistika FMIPA UNM
Blog : hmps-statistika-fmipa-unm.blogspot.com

Leave a Reply