Program Kerja Baru HMPS Statistika FMIPA UNM Tahun 2023?

CSS (Contemporary and Strategic Studies) merupakan kegiatan yang bergerak dalam melakukan kajian strategis dan kontemporer serta penyikapan terhadap isu-isu kebijakan kampus dan publik. CSS ini sendiri adalah proker baru yang telah hadir di HMPS Statistika FMIPA UNM Tahun 2023. CSS sendiri diusungkan oleh bidang III atau bidang Riset dan Kajian Strategis pada saat Musyawarah Kerja Januari lalu. Hadirnya CSS ini di dasari juga dengan tergantinya nama bidang III itu sendiri yang mulanya bidang III adalah Riset dan Teknologi namun pada Musyawarah Mahasiswa pada bulan Desember 2022 diganti menjadi Riset dan Kajian Strategis karena pada bidang III sebelumnya dinilai masih kurang dalam segi teknologi.

Tujuan dari hadirnya CSS adalah melakukan kajian strategis dan kajian kontemporer sebagai wadah dalam meningkatkan daya kritis dan kemampuan analitik mahasiswa. Adanya CSS dilatarbelakangi dari perlunya pengoptimalan dalam melakukan pengkajian isu-isu strategis meliputi isu kampus dan masyarakat pada umumnya. Pentingnya meningkatkan daya kritis dan kemampuan analitik mahasiswa dalam menyikapi isu-isu yang sedang terjadi dengan memperhatikan urgensi dan dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat.

CSS sendiri ditanggungjawabi oleh dua staf dari bidang Riset dan Kajian Strategis itu sendiri yaitu Muhammad Edy Sopyan Saputra dan Sasa Arisa. CSS dalam kepengurusan HMPS Statistika FMIPA UNM Tahun 2023 akan dilakunan minimal dua kali kajian kontemporer dan minimal 3 kali kajian strategis.

Leave a Reply