Survei Minat dan Bakat Mahasiswa Aktif Statistika FMIPA UNM

Oleh: Bidang Riset dan Kajian Strategis

PENDAHULUAN

Dalam proses pengembangan kemampuan, Mahasiswa tidak hanya membutuhkan pembelajaran formal yang meliputi kegiatan tatap muka di kelas, praktikum, dan pemberian tugas akademik lainnya. Namun, Mahasiswa juga membutuhkan kegiatan pembelajaran di luar kelas untuk menunjang pengembangan kemampuan yang dimiliki. Salah satu wujud kepedulian HMPS Statistika FMIPA UNM terhadap pengembangan softskill dan hardskill Mahasiswa aktif Statistika FMIPA UNM dengan mengetahui minat dan bakat yang dimiliki serta mengetahui wadah maupun fasilitas yang dibutuhkan oleh Mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya.

Oleh karena itu, HMPS Statistika FMIPA UNM melalui melalui Bidang Riset dan Kajian Strategis menggagas survei dengan tajuk “Minat dan Bakat Mahasiswa Aktif Statistika FMIPA UNM” sebagai sarana untuk menampung aspirasi Mahasiswa Statistika terkait minat dan bakat yang dimiliki. Adapun data yang diperoleh akan digunakan oleh HMPS Statistika FMIPA UNM untuk memenuhi kebutuhan terkait dengan minat dan bakat Mahasiswa Statistika.

PEMBAHASAN

   Dalam survei ini, populasi yang diambil merupakan Mahasiswa aktif Statistika FMIPA UNM yang terdiri atas angkatan 2020, 2021, 2022, dan 2023. Adapun metode pengambilan sampel yang digunakan adalah voluntary sampling dengan bentuk kuesioner Google formulir yang disebarkan secara online pada setiap angkatan. Kuesioner disebarkan dari tanggal 14-20 November 2023 yang diisi sebnyak 205 responden.

Berdasarkan hasil survei, angkatan yang paling banyak mengikuti survei “Minat dan Bakat Mahasiswa Aktif Statistika FMIPA UNM” yaitu angkatan 2023 dengan persentase 43,9% yakni sebanyak 90 responden.

A. Ketertarikan Mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki

Berdasarkan hasil survei, sebagian besar responden tertarik dalam mengembangkan minat dan bakat yang mereka miliki dengan jumlah responden sebanyak 88 responden diikuti jumlah Mahasiswa yang sangat tertarik sebanyak 74 responden.

B. Bidang minat dan bakat Mahasiswa Statistika yang ingin dikembangkan

Berdasarkan hasil survei, menurut sebagian besar responden, sebagai bentuk dari ketertarikan tersebut, bidang minat dan bakat mereka yang ingin dikembangkan adalah akademis dengan jumlah sebanyak 59 responden. Diikuti dengan media komunikasi dan informasi, Olahraga, kesenian, kewirausahaan, dan lainnya. Lainnya: Komputasi, game dan Kesekretariatan.

1. Cabang olahraga yang paling diminati oleh Mahasiswa Aktif Statistika

Berdasarkan hasil survei, menurut sebagian besar responden, bidang olahraga yang mereka minati adalah bulu tangkis dengan persentase sebesar 53%. Diikuti dengan Voli, E-Sports dan seterusnya. Lainnya: Renang, Lari marathon, Tenis lapangan, Catur dan Taekwondo.

  • Aspek penunjang yang berpengaruh dalam pengembangan minat dan bakat Mahasiswa dalam cabang Olahraga

Berdasarkan hasil survei, menurut sebagian responden, aspek terpenting yang perlu diupayakan oleh kampus dalam menunjang minat dan bakat Mahasiswa dalam bidang olahraga adalah program kegiatan dengan persentase sebesar 31,2%. Diikuti dengan fasilitas penunjang sebesar 27,3%, Pelatih sebesar 16,1%, Perlombaan sebesar 12,2%, Pendampingan sebesar 4,4%, Kehadiran UKM sebesar 3,4%, Dana penunjang sebesar 3,4%, dan lainnya sebesar 2%. Lainnya: Motivasi Mahasiswa.

  • Aspek penghambat yang berpengaruh dalam pengembangan minat dan bakat Mahasiswa dalam cabang Olahraga

Menurut sebagian besar responden, aspek penghambat yang selama ini mereka hadapi dalam pengembangan bakat dalam bidang olahraga yang mereka miliki adalah sikap (rasa malas, mudah bosan, dan sebagainya) dengan persentase sebesar 51,2%. Diikuti dengan kurangnya dukungan lingkungan sekitar sebesar 17,6%, hambatan kesehatan mental dan fisik sebesar sebesar 13,2%, cara ajar atau kurangnya pematangan materi sebesar 11,2%, ketatnya persaingan sebesar 2,9%, kendala intelektual sebesar 2%, dan lainnya sebesar 2% Lainnya: Kurangnya waktu untuk latihan, kurangnya waktu dalam proses pelaksanaan kegiatan, dan pembagian waktu dengan kegiatan lain.

2. Cabang seni yang paling diminati oleh Mahasiswa Aktif Statistika

Berdasarkan hasil survei, menurut sebagian besar responden, cabang seni yang paling mereka minati adalah seni musik dengan persentase sebesar 44%. Diikuti dengan Seni tari, seni teater/drama, seni rupa dan seni sastra.

  • Aspek penunjang yang berpengaruh dalam pengembangan minat dan bakat Mahasiswa dalam cabang seni

Berdasarkan hasil survei, menurut sebagian responden, aspek terpenting yang perlu diupayakan oleh kampus dalam menunjang minat dan bakat Mahasiswa dalam bidang seni adalah program kegiatan dengan persentase sebesar 33,7%. Diikuti dengan Pelatih sebesar 19%, fasilitas penunjang sebesar 17,1%, Pendampingan sebesar 11,7%, perlombaan sebesar 7,8%, kehadiran UKM sebesar 5,9%, dana penunjang sebesar 3,9%, dan lainnya sebesar 1%.

  • Aspek penghambat yang berpengaruh dalam pengembangan minat dan bakat Mahasiswa dalam cabang seni

Menurut sebagian besar responden, aspek penghambat yang selama ini mereka hadapi dalam pengembangan bakat dalam bidang seni yang mereka miliki adalah sikap (rasa malas, mudah bosan, dan sebagainya) dengan persentase sebesar 51,2%. Diikuti dengan cara ajar atau kurangnya pematangan materi sebesar 26,8%, kurangnya dukungan lingkungan sekitar sebesar 17,6%, ketatnya persaingan sebesar 5,9%, kendala intelektual sebesar 4,4%, hambatan kesehatan mental dan fisik sebesar 3,4% dan lainnya sebesar 1,5%. Lainnya : Kurangnya waktu untuk latihan, suara yang tidak mendukung.

3. Bidang akademik yang paling diminati oleh Mahasiswa Aktif Statistika

Berdasarkan hasil survei, menurut sebagian besar responden, bidang akademik yang paling mereka minati adalah Olimpiade dengan persentase sebesar 36%. Diikuti dengan infografis, PKM, debat dan lainnya. Lainnya: Essay, karya ilmiah, dan komputasi.

  • Aspek penunjang yang berpengaruh dalam pengembangan minat dan bakat Mahasiswa dalam bidang akademik

Berdasarkan hasil survei, menurut sebagian responden, aspek terpenting yang perlu diupayakan oleh kampus dalam menunjang minat dan bakat Mahasiswa dalam bidang akademik adalah pendampingan dengan persentase sebesar 28,3%. Diikuti dengan Program kegiatan sebesar 22%, perlombaan sebesar 20%, pelatih sebesar 14,1%, fasilitas penunjang sebesar 7,8%, dana penunjang sebesar 5,4%, kehadiran UKM sebesar 1%, dan lainnya sebesar 1,5%.

  • Aspek penghambat yang berpengaruh dalam pengembangan minat dan bakat Mahasiswa dalam bidang akademik

Menurut sebagian besar responden, aspek penghambat yang mereka hadapi dalam pengembangan bakat dalam bidang akademik yang mereka miliki adalah cara ajar atau kurangnya pematangan materi dengan persentase sebesar 37,1,2%. Diikuti dengan sikap (rasa malas, mudah bosan, dan sebagainya) sebesar 28,3%, ketatnya persaingan sebesar 13,2%, kurangnya dukungan lingkungan sekitar sebesar 11,2%, kendala intelektual sebesar 8,3%, hambatan kesehatan mental dan fisik sebesar 1,5%, dan lainnya sebesar 0,5%.

4. Bidang Komunikasi dan Informasi yang paling diminati oleh Mahasiswa Aktif Statistika

Berdasarkan hasil survei, menurut sebagian besar responden, bidang komunikasi dan informasi yang paling mereka minati adalah fotografi dengan pr esentase sebesar 25%. Diikuti dengan web dan aplikasi, MC, desain grafis, jurnalistik, dan videografi.

  • Aspek penunjang yang berpengaruh dalam pengembangan minat dan bakat Mahasiswa dalam bidang komunikasi dan informasi

Berdasarkan hasil survei, menurut sebagian responden, aspek terpenting yang perlu diupayakan oleh kampus dalam menunjang minat dan bakat Mahasiswa dalam bidang komunikasi dan informasi adalah Program kegiatan dengan persentase sebesar 29,8%. Diikuti dengan fasilitas penunjang sebesar 20,5%, pendampingan sebesar 18,5%, pelatih sebesar 18,5%, perlombaan sebesar 6,3%, dana penunjang sebesar 4,4%, dan kehadiran UKM sebesar 2%.

  • Aspek penghambat yang berpengaruh dalam pengembangan minat dan bakat Mahasiswa dalam bidang komunikasi dan informasi

Menurut sebagian besar responden, aspek penghambat yang mereka hadapi dalam pengembangan bakat dalam bidang komunikasi dan informasi yang mereka miliki adalah sikap (rasa malas, mudah bosan, dan sebagainya) dengan persentase sebesar 37,1%. Diikuti dengan cara ajar atau kurangnya pematangan materi sebesar 28,3%, kurangnya dukungan lingkungan sebesar 13,2%, kendala intelektual sebesar 11,2%, hambatan kesehatan mental dan fisik sebesar 8,3%, ketatnya persaingan sebesar 13,2%, dan Kurangnya wadah dalam pengembangan minat dan bakat sebesar 0,5%

5. Bidang kewirausahaan yang paling diminati oleh Mahasiswa Aktif Statistika

 Berdasarkan hasil survei, menurut sebagian besar responden, bidang kewirausahaan yang paling mereka minati adalah bidang kuliner dengan persentase sebesar 45%. Diikuti dengan ekonomi/industri kreatif, fashion, jasa dan perdagangan, kesehatan, teknologi terapan, dan budidaya.

  • Aspek penunjang yang berpengaruh dalam pengembangan minat dan bakat Mahasiswa dalam bidang kewirausahaan

Berdasarkan hasil survei, menurut sebagian responden, aspek terpenting yang perlu diupayakan oleh kampus dalam menunjang minat dan bakat Mahasiswa dalam bidang kewirausahaan adalah dana penunjang dengan persentase sebesar 31,2%. Diikuti dengan Program kegiatan sebesar 27,8%, fasilitas penunjang sebesar 16,1%, pendampingan sebesar 8,8%, kehadiran UKM sebesar 7,3%, pelatih sebesar 5,4%, dan perlombaan sebesar 2,9%.

  • Aspek penghambat yang berpengaruh dalam pengembangan minat dan bakat Mahasiswa dalam bidang kewirausahaan

Menurut sebagian besar responden, aspek penghambat yang mereka hadapi dalam pengembangan bakat dalam bidang kewirausahaan yang mereka miliki adalah sikap (rasa malas, mudah bosan, dan sebagainya) dengan persentase sebesar 28,3%. Diikuti dengan kurangnya dukungan lingkungan sekitar sebesar 20,5%, ketatnya persaingan sebesar 21%, cara ajar atau kurangnya pematangan materi sebesar 15,1%, kendala intelektual sebesar 10,7%, hambatan kesehatan mental dan fisik sebesar 2,9%, dan lainnya sebesar 1,5%

C. Suara Mahasiswa statistika

Masing-masing Mahasiswa diminta untuk menyalurkan pendapatnya apakah mereka sudah mendapatkan wadah maupun fasilitas yang baikpada bidang yang diminati. Kemudian, Mahasiswa yang telah terfasilitasi diminta untuk menjawab apakah fasilitas yang ada sudah layak atau belum.

Berdasarkan hasil survei, sebagian besar responden merasa bahwa mereka sudah terwadahi dengan baik pada bidang yang diminati yakni sebesar 76%.

Berdasarkan hasil survei, sebagian besar responden merasa bahwa mereka sudah mendapatkan fasilitas yang baik pada bidang yang diminati yakni sebesar 71%.

Berdasarkan hasil survei, sebagian besar responden merasa bahwa fasilitas yang diberikan sudah layak yakni sebesar 84%.

D. Saran dan masukan untuk HMPS Statistika FMIPA UNM dalam membantu mengembangkan minat dan bakat Mahasiswa

Berdasarkan hasil survei, menurut sebagian responden, saran dan masukan untuk HMPS Statistika FMIPA UNM dalam membantu mengembangkan minat dan bakat Mahasiswa yaitu:

  • Perbanyak program pelatihan dan pemberian materi untuk memfasilitasi minat dan bakat khususnya dalam bidang akademik
  • Kedepannya bisa menghadirkan partitur (teks lagu yang memiliki notasi) untuk lagu- lagu statistika agar nadanya bisa dipelajari
  • Lebih sering mengadakan kegiatan pengembangan minat dan bakat seperti statistic fun
  • Melakukan sharing session (non formal) dan pendampingan intensif bersama dosen untuk mereka yg ingin mengikuti lomba
  • Lebih kritis dan kreatif dalam menghadirkan kegiatan untuk minat dan bakat

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil survei mengenai ketertarikan dan pengembangan minat serta bakat Mahasiswa aktif Program Studi Statistika FMIPA UNM, beberapa kesimpulan dapat diambil:

  • Mahasiswa menunjukkan tingkat ketertarikan yang tinggi dalam pengembangan minat dan bakat khususnya di Bidang Akademis dengan cabang Olimpiade sebagai yang paling diminati, diikuti oleh media komunikasi dan informasi, olahraga, seni, dan kewirausahaan.
  • Dalam Bidang Olahraga, Bulu tangkis menjadi cabang olahraga yang paling diminati, dan responden menganggap Program Kegiatan sebagai aspek penunjang yang paling penting. Dalam Bidang Komunikasi dan Informasi, Fotografi yang paling mendominasi minat Mahasiswa, dan Program Kegiatan juga dinilai sangat penting dalam mendukung pengembangan minat dan bakat di bidang ini.
  • Cabang Seni yang diminati adalah Seni musik, dan Program Kegiatan juga dianggap krusial sebagai penunjang utama. Di Bidang Kewirausahaan, Bidang kuliner mendominasi minat Mahasiswa, dengan dana penunjang dianggap sebagai aspek terpenting untuk pengembangan bakat.
  • Sebagian besar Mahasiswa merasa sudah terwadahi dan mendapatkan fasilitas yang baik pada bidang yang diminati. Fasilitas dianggap layak oleh mayoritas responden.
  • Beberapa saran yang diberikan mencakup perluasan program pelatihan, peningkatan program dan kegiatan yang mendukung pengembangan minat dan bakat Mahasiswa, penghadiran partitur untuk lagu kestatistikaan sebagai inovasi dalam mendukung minat akademis melalui kesenian, serta pendampingan intensif bersama dosen sebagai penunjang Mahasiswa yang ingin mengikuti lomba.

Leave a Reply